6 Jun 2013

Siang ladies , kali ini saya mau ngebahas manfaat dan kandungan yang terdapat dalam pepaya . mungkin kita semua mengenal buah yang satu ini .  buah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan mungkin juga sering kita kosumsi tapi mungkin ada beberapa dari kita yang kurang paham apa kandungan yang terdapat dalam buah yang satu ini dan manfaat apa aja yang kita dapat kalau kita merutinkan mengkosumsinya , mungkin sebagian kita mengkosumsi pepaya biar BAB kita lancar  aja , ternyata selain untuk melancarkan BAB banyak banget manfaat lainnya . mari kita mulai bahas , semoga bermanfaat 


Pepaya yang dalam bahasa latinnya disebut Carica papaya L adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya , Suku Maya menyebut pepaya adalah ‘Pohon Kehidupan’ dan buah ini juga menjadi buah favorit bagi Christopher Colombus. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

adapun manfaat jika kita mengkosumsi pepaya adalah sbb
1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk mencegah penyakit saluran pencernaan dan mempertahankan pergerakan usus secara normal. Buah pepaya mengandung serat cukup tinggi yang dapat mencegah kanker usus besar.

2. Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol yang ketika dalam batas-batas tertentu akan menyebabkan penyakit arteri yang disebut aterosklerosis dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Antioksidan dalam pepaya juga membantu mengendalikan penuaan dini. Anda bisa terlihat lebih muda

3. membantu pertumbuhan tulang dan gigi
Kandungan lainnya dari pepaya adalah sumber zat besi dan kalsium dimana kalsium ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi sementara zat besi untuk membentuk hemoglobin dalam sel-sel darah merah.

4. Mencegah Flu
Kandungan vitamin C  pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker ,  dan berkhasiat langsung terhadap kesehatan kulit seperti mencegah peradangan dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati

5. Mempertajam Penglihatan
Pepaya juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi , jika kita memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. mencegah ketombe
Sampo yang mengandung pepaya sangat baik untuk mengendalikan ketombe

7. Untuk Kulit Bersinar
Caranya sangat mudah, cukup anda menghaluskan 1/2 cangkir pepaya lalu dicampurkan dengan 4 sendok teh air jeruk, 4 sendok teh jus wortel, 1 sendok teh madu. Lalu oleskan dikulit anda sambil dipijat-pijat dibagian wajah dan leher, diamkan beberapa menit. Lalu bilas atau bersihkan dengan air dan perhatikan, kulit anda akan tampak bercahaya.

8. Untuk Keremajaan Kulit
Caranya juga tidak terlalu sulit tidak jauh dengan untuk kulit bersinar. Anda cukup siapkan 1/2 cangkir pepaya matang yang sudah dihaluskan, 1/4 cangkir santan, 1/4 cangkir bubuk gandum. Campurkan semua bahan-bahan tadi hingga rata, lalu usapkan pada wajah dan leher dengan lembut dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bersihkan dengan susu, dilanjutkan dengan air. Maka kulit anda akan kelihatan bercahaya.
Posted by MUTIARA PRADINA On 2:52 pm No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube