5 Nov 2015

Assalamualikum WR.WB sahabat muslimah
Masuk keluar kamar mandi/Wc bisa kita lakukan berkali-kali dalam sehari selama hidup kita
bagi kita yang dididik tidak dengan pengetahuan Islam yang detail banyak diantara kita yang tidak tau Adab masuk keluar kamar mandi/Wc sesuai Sunnah yang diajar oleh Baginda Nabi kita Rasulullah SAW . padahal jika kita melakukannya sesuai Sunnah bisa mendapatkan pahala lho



kali ini saya akan menjelaskan bagaimana adab-adab masuk keluar kamar mandi menurut ajaran Islam

1.Membaca Doa.
Dalam kitab Shahih Bukhari Muslim dari Anas Radhiyallahu Anhu’bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’disaat memasuki kamar mandi (WC), maka beliau mengucapkan doa berikut :“Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi walkhabaaits”“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memasuki kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri


3. Dianjurkan memakai alas kaki ketika memasuki WC/kamar mandi.


4. Jangan berbicara ketika berada di WC/kamar mandi, Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ bersabda,”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara.Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”


5. Disunnahkan berdehem sebanyak tiga kali setelah buang airkecil,agar semua kotoran keluar.


7. Tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, ketika buangair kecil dan besar“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah ShallallahuAlaihi wa Sallam’ Bersabda “Bila kamu mendatangi tempat buang air,janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. “(HR. Bukharidan Muslim)


8. Tidak boleh menjawab salam ketika berada di dalam WC/kamar mandi


9. Tidak boleh membawa atau membaca lafadz Allah danMuhammad atau ayat-ayat Al Quran atau hadist ke dalam WC/kamar mandi


10. Tidak boleh mandi berduaan di dalam kamar mandi terkecuali suami isteri


11. Tidak boleh makan dan minum ketika berada di dalam kamarmandi


12. Berhati-hatilah dengan percikan najis, dalam salah satu hadist“Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada :”“Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hatiketika beristinja”.


13. Memakai tabir penghalang agar tidak terlihat orang lain Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada :“Bila kamu buang air hendaklah beristitar (menutup tabir). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.”(HR. Abu Daud dan IbnuMajah)


14.Keluar dari WC/kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan.


15. Membaca Doa setelah keluar kamar mandi (WC):Dalam Hadist shahih dalam kitab Abu Dawud dan Imam AtTirmidzi’bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’mengucapkandoa berikut ini saat beliau keluar dari kamar mandi (WC) :“Ghufraanaka”“ Ya Allah”..Aku memohon Pengampunan-MU.”



Semoga bermanfaat
Posted by MUTIARA PRADINA On 2:07 pm No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube