20 Feb 2013




Kita semua pasti sering banget ngalamin muka berkomedo yang ga enak banget diliat kalau lagi ngaca dari jarak deket , rasanya gemes pengen dipencet biar komedonya ilang . abis dipencet paksa pasti komedonya ilang tapi abis itu muka bopeng-bopeng . sekarang saya mau bahas gimana carangnya ngilangin komedo pada wajah , caranya ampuh tapi simple disimak yuuuu ....


Komedo merupakan pelebaran pori-pori wajah yang terisi dengan sebum, sejenis minyak yang diproduksi oleh kulit, dan tertutup oleh kulit mati, serta bakteri pada kulit.  komedo sering dibedakan menjadi whiteheads, yakni komedo yang akses pori kulitnya tertutup, dan blackheads, yakni komedo dengan akses ke pori kulit yang terbuka, dan bagian luarnya menghitam karena teroksidasi oleh udara
Cara ngilanginnya sih sebenarnya gampang kita cukup rutin ngelakuin facial kesalon aja tapi bagi yang ga ada waktu buat kesalon kita bisa ngelakuinnya sendiri kok dengan bahan-bahan alami dan simple
Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan antara lain
1.      Scrub
Scrub cukup baik untuk menghilangkan komedo, cara kerjanya yaitu dengan mengangkat sel kulit mati kemudian menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati akan memberikan dampak yang kurang baik bagi komedo jika tidak di angkat dan dibersihkan. Penggunaan ini sebaiknya digunakan pada daerah yang rawan terkena komedo yaitu hidung, dahi, pipi, dan dahi.
 Scrub Alami dari Buah Lemon
Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu ambil satu potong lemon. Peras gosokkan lemon pada wajah yang berkomedo. Biasanya wajah berkomedo ini di sekitar hidung dan dagu. Gosok secara lembut selama 3 - 4 menit, sesudah itu bilas dengan air dingin. Jika pertumbuhan komedo Anda terbilang cepat, lakukan metode ini dua kali sehari. 
Scrub dari garam
Garam ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya, cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur garam, sehari sekali. Garam dapat mengurangi minyak berlebih, ini berarti garam dapat membantu menghilangkan komedo.
2.      Baking Soda
Baking soda bermanfaat untuk menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah. Bukan hanya menghapus bakteri, baking soda juga bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan komedo yang membandel. Caranya cukup mudah, buatlah ramuan dengan menggunakan dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air  sampai membentuk pasta. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berkomedo, biarkan selama 20 menit, lalu bilas. 
3.      Pasta Gigi
Pasta gigi juga dikenal memiliki manfaat untuk membasmi komedo. Oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berkomedo, namun jangan terlalu tebal. Biarkan hingga kering, kemudian dengan handuk halus yang telah dicelupkan pada air hangat. Pasta gigi akan membantu mengankat komedo dengan mudah..
4.      Putih telur
Caranya, campurkan putih telur satu butir kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering kurang lebih selama 30 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Putih telur dapat mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.
5.      Lidah Buaya
Selain manfaatnya yang baik untuk rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat menghilangkan komedo. Ambil cairan mirip gel dari lidah buaya kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo, selanjutnya diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Kandungan lidah buaya inilah yang bisa mengangkat komedo serta menghaluskan dan menyegarkan kulit
6.      Konsumsi air putih yang cukup, minimal 2 L per hari dan bisa lebih jika banyak beraktivitas

semoga bermanfaat



Posted by MUTIARA PRADINA On 8:48 pm No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube